22 May 2025

Streetwear telah menjadi salah satu fashion yang sangat diminati oleh anak muda Indonesia. Gaya kasual namun penuh karakter ini mencerminkan kebebasan berekspresi dan menjadi medium kreativitas bagi generasi muda.

Saat ini ada ribuan brand streetwear yang hadir untuk mewarnai industri fashion tanah air. Namun, hanya sedikit brand tersebut yang berhasil menembus pasar dunia, salah satunya adalah Thanksinsomnia. Brand yang didirikan oleh Mohan Hazian ini berhasil merambah penjualannya ke Singapura, Malaysia, Thailand, hingga Jepang. 

Apa yang membuat brand Thanksinsomnia begitu besar hingga berhasil menembus pasar dunia? Yuk bedah strategi branding dan marketing brand Thanksinsomnia. 

Dari Hobi Menggambar Hingga Membangun Brand Besar 

Brand Thanksinsomnia didirikan oleh seorang pemuda bernama Mohan Hazian pada tahun 2011. Mohan sendiri adalah seseorang yang sangat cinta menggambar. Sejak kecil, ia sudah mulai menerima order untuk melukis tas dan sepatu. Kecintaannya pada menggambar ini mengantarkannya pada sebuah pekerjaan yaitu pembuat desain kaos. 

Awalnya, Mohan membuat desain kaos untuk toko-toko pakaian di pasar, namun karena kepiawaiannya, ia pun mulai dilirik oleh brand-brand clothing lain yang lebih besar. Pemikirannya tentang membangun bisnis sendiri dimulai ketika ia bertemu dengan temannya yang bernama Ferdi yang juga merupakan pengusaha di bidang fashion. 

Selain terinspirasi, Mohan juga belajar banyak tentang clothing dari Ferdi, mulai dari belanja bahan hingga membuat produk clothing. Setelah menguasai kemampuan membuat produk pakaian, Mohan pun mulai menerima berbagai orderan pembuatan pakaian dari perusahaan atau brand-brand lain. 

Banjirrnya orderan pembuatan pakaian membuat Mohan terpikir bahwa dirinya sendiri mampu membangun brand fashionnya sendiri. Berbekal pengalaman kerja di sebuah retail fashion, ia pun mulai membuat brand Thanksinsomnia. Nama brand ini diambil dari nama sebuah akun Twitter Thanksinsomnia yang suka me-retweet cuitan tentang insomnia. 

Namun, brand Thanksinsomnia sendiri tidak langsung membuat produk pakaian, melainkan dimulai dari produk bagpack dan tas skateboard. Mohan memasarkan produknya melalui sistem titip jual di toko skate milik temannya. 

Setelah sukses dengan produk tas skateboard dan bagpack, barulah Mohan mulai membuat produk pakaian. Masih dengan sistem titip jual di toko-toko, warnet, hingga berjualan di sebuah forum diskusi bernama KasKus, brand Thanksinsomnia pun mulai dikenal luas. Hingga kini, brand Thanksinsomnia berhasil menjadi brand fashion head-to-toe yang menjual pakaian, tas, sepatu, hingga aksesoris. 

Relate dengan Anak Muda 

Salah satu wa streetwear bagi anak muda bukan hanya tkekuatan utama Thanksinsomnia adalah kemampuan brand ini untuk selalu dekat dengan target audience-nya yaitu anak muda. Mohan memahami bahentang pakaian, tetapi juga cara hidup. 

Produk-produk Thanksinsomnia sering mengangkat tema yang relevan dengan anak muda, seperti musik, olahraga, dan kultur populer. Brand ini juga mengusung pesan-pesan yang mendalam, namun disampaikan dengan cara yang santai dan penuh humor. 

Hal ini membuat anak muda merasa Thanksinsomnia bukanlah sebuah brand pakaian saja, tetapi sebuah brand yang mampu memahami dan mewakili perasaan anak muda mulai dari hobi, kesenangan, hingga keresahan mereka. 

Nama brand Thanksinsomnia pun kian meledak ketika pandemi menyerang. Pada saat pandemi, banyak sekali orang yang mengalami masalah mental hingga berujung pada masalah insomnia. Fenomena ini dimanfaatkan oleh brand Thanksinsomnia untuk semakin memperluas jangkauan pasarnya.  

Pandemi membantu Thanksinsomnia untuk menginspirasi anak muda bahwa di tengah kondisi sulit yang membuat mereka mengalami insomnia, mereka tetap bisa berkarya dan menghasilkan ide kreatif yang mungkin tidak akan mereka dapatkan ketika sedang beraktivitas normal di siang hari. 

Melalui strategi ini, brand Thanksinsomnia berhasil membangun ikatan emosional yang kuat dengan target marketnya sehingga mereka memilih Thanksinsomnia sebagai produk yang dapat mewakili mereka. 

Brand Root: Skateboard, Hip-Hop, hingga Sepak Bola 

Menurut Mohan, brand root adalah hal yang sangat penting untuk sebuah produk fashion. Dengan brand root, sebuah brand dapat membangun ikatan emosional yang kuat dengan pelanggannya. 

Thanksinsomnia sendiri memiliki akar yang kuat di dunia skateboard, hip-hop, dan sepak bola. Ketiga elemen ini menjadi identitas utama yang selalu muncul dalam desain-desain pakaian mereka. 

Pengaruh budaya skate yang penuh kebebasan dan keberanian terlihat jelas pada produk dan desain yang dibuat oleh Thanksinsomnia. Hal ini terlihat dari produk pertama yang mereka hadirkan adalah produk tas skateboard. Budaya skateborad ini juga menjadi inspirasi di beberapa desain pakaian yang dijual oleh Thanksinsomnia. 

Thanksinsomnia juga memadukan budaya skateboard Rawabuntu sebagai salah satu desain di pakaian mereka dan menghadirkan kesan “local pride” bagi pelanggannya yang ada di sekitaran Rawabuntu. Tujuannya untuk menarik lebih banyak pelanggan di area BSD sebagai tempat berdirinya brand Thanksinsomnia itu sendiri. 

Selain skateboard, Mohan yang mencintai musik hip-hop juga menghadirkan elemen musik ini dalam produknya. Hip-hop sendiri identik dengan citra pemberontak yang kreatif. Hal ini pun sesuai dengan jiwa anak muda yang cenderung kreatif hingga melampaui batas-batas dalam diri mereka. 

Terakhir, Mohan menghadirkan salah satu olahraga yang dicintai oleh anak muda Indonesia yaitu sepak bola. Brand Thanksinsomnia juga hadir dengan jersey-jersey sepak bola dengan desain unik. Hal ini pun membuat semakin banyak anak muda Indonesia yang tertarik dengan brand tersebut. 

Dengan kehadiran tiga root ini, brand Thanksinsomnia berhasil memposisikan diri sebagai brand yang cocok untuk anak muda berjiwa bebas, berani, kreatif, dan sporty. 

Namun, Mohan sendiri mengaku ia tidak secara spesifik membatasi kiblat brand Thanksinsomnia. Hal ini tercermin dari logo brand Thanksinsomnia yang hanya berupa tulisan, tanpa ada gambar khusus. Mohan mendaftarkan hak paten Thanksinsomnia dan Thxnsmn tanpa adanya unsur gambar untuk membuat brandnya jauh lebih fleksibel sehingga bisa menjangkau brand root yang lain. 

Salah satu bukti brand Thanksinsomnia cukup fleksibel adalah hadirnya desain-desain pakaian dengan unsur anime. Dengan desain ini, Thanksinsomnia berhasil menjangkau komunitas pecinta budaya Jepang atau yang sering disebut dengan wibu untuk menggunakan brand Thanksinsomnia. 

Desain Streetwear dengan Sentuhan Kontemporer 

Salah satu yang membuat brand Thanksinsomnia berbeda dari produk streetwear lain adalah konsistensi mereka dalam menggunakan desain-desain kontemporer. Ciri khas desain pakaian Thanksinsomnia terletak pada grafisnya yang berupa tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya yang memiliki makna mendalam.

Meski grafis yang dihadirkan terkadang cukup ramai, namun siluet pakaian yang mereka jual cenderung simpel sehingga nyaman untuk dipakai sehari-hari maupun untuk OOTD (outfit of the day). Hal ini pun didukung dengan bahan pakaian yang berkualitas sehingga cocok dipakai di negara tropis seperti Indonesia maupun negara-negara Asia Tenggara lainnya. 

Thanksinsomnia juga tidak takut untuk bermain dengan warna-warna yang cerah dan kontras. Kombinasi warna yang berani ini membuat desain mereka semakin menarik dan mudah dikenali. Melalui desain yang unik ini, Thanksinsomnia berhasil menghadirkan pesan-pesan positif dalam produk mereka seperti kreativitas, keberanian, hingga jiwa yang bebas. 

Kesan Eksklusif pada Produk 

Mohan Hazian memahami bahwa anak muda seringkali merasa risih jika bertemu orang asing yang menggunakan pakaian sama persis dengan mereka. Melihat hal ini, ia pun  menggunakan strategi exclusive marketing atau strategi yang membuat produk dalam jumlah sedikit sehingga produknya selalu diburu pelanggan. 

Pada awal Thanksinsomnia berdiri, Mohan mengerjakan semuanya sendiri mulai dari pemilihan bahan, pembuatan desain, pembuatan pola pakaian, hingga pemasaran. Sehingga jumlah pakaian yang diproduksi pun terbatas. 

Namun, hal ini justru membuat pelanggan mereka FOMO (Fear Of Missing Out) sehingga produk-produk Thanksinsomnia laku keras di pasaran. Apalagi, pakaian-pakaian yang dijual sering kali tidak re-stock, artinya produk tersebut tidak akan tersedia lagi. Tidak heran, produk-produk Thanksinsomnia seringkali habis terjual dengan cepat (sold-out). 

Kolaborasi Strategis yang Menembus Pasar Global 

Salah satu langkah besar Thanksinsomnia dalam menembus pasar global adalah melalui kolaborasi dengan brand lain. Kolaborasi ini memberikan kesempatan bagi Thanksinsomnia untuk memperluas jangkauan pasarnya sekaligus memperkuat posisi brand di industri streetwear.

Kolaborasi tersebut tidak hanya meningkatkan kredibilitas Thanksinsomnia di mata konsumen internasional, tetapi juga membuka peluang untuk berinovasi dalam desain dan produk. Dengan cara ini, Thanksinsomnia berhasil membangun reputasi sebagai brand lokal kelas global. Adapun beberapa brand yang pernah berkolaborasi dengan Thanksinsomnia sebagai berikut: 

  1. Alipjon: Seniman visual asal Indonesia ini telah beberapa kali berkolaborasi dengan Thanksinsomnia, menghasilkan desain-desain yang unik dengan sentuhan seni kontemporer.
  2. TKW (Takara Wong): Label busana asal Bangkok, Thailand ini pernah berkolaborasi dengan Thanksinsomnia untuk menghadirkan koleksi khusus yang memadukan gaya streetwear dengan sentuhan budaya Thailand.
  3. Kizuna AI: Virtual YouTuber pertama di dunia asal Jepang ini juga pernah berkolaborasi dengan Thanksinsomnia untuk memproduksi kaos dan topi edisi khusus. Produk ini dirilis di platform Jepang, 60% (sixtypercent), dengan desain yang mengusung tema teknologi dan budaya pop. 
  4. EVOS: Tim esports populer di Indonesia ini juga pernah berkolaborasi dengan Thanksinsomnia untuk meluncurkan produk fashion streetwear yang ditujukan untuk para penggemar esports.
  5. Ortuseight: Kolaborasi dengan brand olahraga lokal Ortuseight melahirkan merchandise seperti jersey dan denim eksklusif, menunjukkan kemampuan Thanksinsomnia untuk menjelajahi kategori produk yang berbeda​

 

Strategi Digital Marketing yang Out Of The Box 

Mohan Hazian tampaknya enggan menggunakan cara-cara lama dalam marketing produknya. Dalam beberapa podcast ia menyebut dirinya enggan menggunakan event sebagai ajang promosi sebagaimana brand clothing pada umumnya. Sebaliknya ia lebih banyak menggunakan sosial media sebagai strategi digital marketingnya. 

Dirinya paham betul, dengan target audience anak muda yang melek teknologi, ia pun memaksimalkan penjualan brand Thanksinsomnia di sosial media dan e-commerce. Salah satu strategi digital marketingnya adalah dengan membuat video-video promosi yang out of the box. 

Di salah satu promosinya, ia menampilkan promo payday sale atau twindate sale dengan membuvideo at video animasi ala The Sims. Tentunya, video seperti ini jauh lebih menyita perhatian anak muda dibanding video promosi biasa. 

Selain, video menggunakan karakter The Sims, Thanksinsomnia juga membuat video yang menunjukkan batu nisan. Namun setelah ditampilkan dari jarak dekat, nisan tersebut menampilkan informasi promo dari brand Thanksinsomnia. 

Strategi digital marketing out of the box ini memang lebih disukai oleh anak muda masa kini yang cenderung memiliki pemikiran-pemikiran kreatif tapi liar dan tak terduga. Dengan cara ini, penyampaian pesan marketing brand Thanksinsomnia lebih mudah diterima oleh target audiencenya. 

Strategi Branding dan Marketing ala Thanksinsomnia 

Thanksinsomnia berhasil hadir menjadi brand yang memahami target audience secara mendalam, menghadirkan produk-produk yang membantu konsumen mereka mengekspresikan diri lewat fashion. Didukung dengan strategi marketing kolaborasi lintas budaya, hal ini membuat brand Thanksinsomnia begitu digemari oleh anak muda di berbagai belahan dunia. 

Dari Thanksinsomnia kita belajar, bahwa pesan dari sebuah brand juga penting untuk membangun ikatan emosional dengan pelanggan. Untuk itu, bagi seorang pebisnis sangat penting untuk mengkomunikasikan brand menjadi sebuah pesan yang dapat membangun ikatan emosional dengan pelanggan. 

Ciptakan pesan menarik untuk bisnsi Anda bersama DCLIQ. Layanan branding DCLIQ hadir untuk membantu Anda menciptakan branding yang kuat dan memikat. Konsultasi lebih lanjut dengan menghubungi team expert DCLIQ di info@dcliq.co.id atau klik tombol WhatsApp pada halaman!

Diposting di Branding Tag:
Hubungi Kami