
Pembuatan konten merupakan salah satu ujung tombak bagi Kamu yang sedang ingin memaksimalkan strategi media sosial. Apalagi jika konten yang dibuat berhasil viral dan tersebar luas di platform media sosial. Konten viral dapat meningkatkan engagement, kredibilitas bahkan hingga penjualan produk bisnis kamu.
Tapi membuat konten viral tidak semudah itu karena dibutuhkan pemahaman serta strategi yang mendalam untuk target audiens. Namun jangan khawatir karena dibawah akan dijelaskan 3 rahasia supaya Kamu dapat membuat konten viral di media sosial:
Manfaatkan Tren yang Sedang Viral
Salah satu syarat agar konten yang kamu buat dapat menjadi viral adalah dengan membuat konten yang memanfaatkan trend sedang viral. Pembuatan konten dengan mengikuti trend yang sedang viral dapat membuat algoritma pada platforn media sosial menaikan kemungkinan konten Kamu untuk dilirik oleh orang-orang.
Adapun tips agar dapat memanfaatkan tren yang sedang viral dalam membuat konten sebagai berikut:
1. Pantau tren
Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Trends atau hashtag tracking untuk mengetahui tren terbaru yang sedang viral di internet.
2. Buat konten yang unik
Jangan hanya ikut-ikutan, tapi berikan sentuhan unik pada konten yang Kamu buat.
3. Timing yang tepat
Yang terkahir adalah pastikan untuk melakukan posting konten ketika banyak target audiens Kamu sedang membuka media sosial.
Manfaatkan Psikologi Manusia
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa seringkali ketika menonton konten mereka dikendalikan oleh perasaan mereka sendiri. Seperti rasa penasaran, ketakutan ataupun hal-hal lainnya yang menuntun intuisi mereka membuka konten.
Berupakan merupakan beberapa tips yang dapat kamu manfaatkan untuk memanfaatkan psikologi manusia ketika membuat konten:
1. FOMO (Fear of Missing Out)
Ciptakan konten yang membuat orang merasa jika tidak melihatnya, mereka akan ketinggalan sesuatu yang penting.
2. Scarcity
Batasi ketersediaan konten atau tawaran tertentu untuk menciptakan rasa urgensi.
3. Social proof
Orang-orang suka dengan pembuktian, jangan lupa tampilkan bukti sosial seperti jumlah like, komentar, atau share untuk konten Kamu.
Buatlah Konten yang Memiliki Nilai Tambah
Semua orang memiliki tujuannya masing-masing ketika sedang menonton konten media sosial namun pada umumnya mereka ingin konten yang mereka liat dapat menghibur. Namun agar dapat bersaing dengan jutaan konten menghibur lainnya maka diperlukannya sebuah nilai tambah agar koten Kamu dapat dinikmati banya orang
Adapun beberapa nilai tambah yang dapat diberikan kepada konten yang kamu buat untuk media sosial:
1. Informasi baru
Lakukan riset dan buatlah konten yang mengandung informasi belum banyak diketahui orang.
2. Solusi
Coba pahami apa masalah yang dialami oleh audiens Kamu, ciptakanlah konten yang dapat memberikan solusi atas masalah mereka.
3. Visual Menarik
Ketika kita sudah berbicara tentang nilai-nilai yang ada di dalam konten, maka jangan lupakan visual yang menarik di setiap konten yang kamu berikan.
Proses pembuatan konten viral di medsos memang tidak dapat dilakukan secara instan, apalagi dengan usaha yang minim dari pembuat konten. Akan tetapi jika Kamu terus konsisten membuat konten serta menerapkan rahasia diatas maka konten Kamu akan dapat viral di waktu yang tepat.
Bagi kamu yang masih bingung dalam proses pembuatan konten, jangan khawatir. DCLIQ selalu ada bagi Kamu yang ingin belajar dunia konten untuk bisnis Kamu. Segera dapatkan konsultasi gratis dengan ahli konten di DCLIQ Brand and Digital Agency sekarang dengam menghubungi kontak Whatsapp dibawah ini.